Monday, April 28, 2014

Dampak Kemajuan IPTEK

IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan pengembangan ilmu pengetahuan (science) dan teknologi. Perkembangan pesat IPTEK membawa dampak besar bagi kehidupan manusia, baik positif maupun negatif.

Berikut dampak yang ditimbulkan oleh pesatnya kemajuan IPTEK dalam berbagai bidang yang dapat kita rasakan sehari-hari-):

  • Bidang Sosial

(+)Dengan adanya salah satu bentuk kemajuan IPTEK berupa smartphone, dengan segala aplikasi social media nya, memudahkan individu untuk saling bertukar informasi serta berkomunikasi tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu.
(+)Interaksi lebih mudah baik secara personal maupun kelompok.
(-)Banyaknya pemalsuan data dan pencurian identitas dari media social karena adanya para hacker yang menyalahgunakan teknnologi.
(-)Berkurangnya interaksi face-to-face karena orang sekarang lebih senang berinteraksi melalui gadget dan virtual world, bahkan generasi smartphone memiliki julukan "generasi nunduk".

  • Bidang Ekonomi

(+)Kemudahan dalam melakukan jual-beli secara online atau yang biasa disebut sebagai E-Commerce.
(+)Kemudahan bertransaksi secara online yang menghemat waktu dan tenaga atau E-Banking.
(-)Terjadinya penipuan dalam penerapan E-Commerce. Karena tidak dapat melihat secara langsung barang yang akan dibeli, tidak jarang kualitas barang ternyata dibawah ekspektasi dan tidak sesuai dengan apa yang di deskripsikan penjual dalam katalog online nya.
(-)Canggihnya peralatan membuat pihak industri lebih memilih menggunakan bantuan mesin yang dianggap lebih efisien dibandingkan sumber daya manusia, akhirnya banyak terjadi PHK dan jumlah pengangguran pun bertambah.

  • Bidang Budaya

(+)Tersebarnya pengetahuan mengenai budaya bangsa-bangsa lain membuat manusia mudah mencari informasi sebagai sarana adaptasi.
(+)Banyaknya informasi budaya yang dapat dicari melalui internet sebagai sarana pembelajaran dan sumber acuan dalam mengerjakan tugas.
(-)Kemerosotan moral.
(-)Terjadinya asimilasi dikarenakan masuknya budaya asing yang memiliki daya tarik lebih.

No comments:

Post a Comment