Sunday, April 27, 2014

Apa sih Energi yang Paling Berperan dalam Kehidupan Manusia?

Sebenarnya banyak energi yang berperan penting dalam kehidupan manusia dari dulu hingga sekarang. Namun, energi apakah yang memiliki peranan paling penting? Banyak yang mengatakan bahwa listrik lah energi yang memegang peranan tersebut. Namun, jika kita amati lagi, sebenarnya energi matahari memiliki peranan yang jauh lebih penting dari listrik. Mengapa? Yuk intip alasannya:


  • Coba kita ingat-ingat lagi, mana yang lebih dulu memberi manfaat bagi manusia dan alam sejak zaman purba, matahari atau listrik? Yup, matahari.

  • Apasih yang sering kita cari jika mau menjemur pakaian? Yup, sinar matahari. Biarpun teknologi listrik sekarang sudah mengembangkan mesin cuci yang dapat mengeringkan pakaian, namun tetap tidak sama hasilnya dengan menjemur pakaian dibawah sinar matahari.

  • Sinar matahari juga sangat membantu perekonomian loh. Misalnya dalam hal produksi kerupuk, pengeringan ikan, tembakau, perkebunan teh, dan banyak lagi.

  • Terdapat pula fungsi vital matahari, yaitu sinarnya yang terpancar ke bumi menghantarkan panas yang pas untuk menjaga suhu di permukaan bumi agar tetap hangat. Hal inilah yang memungkinkan bumi menjadi satu-satunya planet yang berpenghuni. Selain itu, jarak antara matahari dan bumi merupakan jarak yang paling ideal sehingga bumi tidak menjadi tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas untuk mahluk hidup.

  • Cahaya matahari merupakan sumber energi utama dalam kehidupan. Contohnya adalah proses fotosintesis pada tumbuhan yang melibatkan sinar matahari sebagai salah satu komponennya. Jika tumbuhan tidak berfotosintesis, maka kehidupan tidak akan berlanjut mengingat sumber makanan bagi herbivora tidak akan tersedia. Sebagai akibatnya, karnivora dan omnivora pun tidak akan mendapatkan sumber makanan lagi. Jika tidak ada matahari, hancur sudah seluruh rantai makanan.

  • Listrik pun dapat dihasilkan melalui matahari. Sekarang ini sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk terus mengembangkan sinar matahari sebagai tenaga pembangkit listrik. Energi ini banyak digunakan sebagai sumber energi alternatif selain minyak bumi dan bahan bakar fosil lainnya.

  • Gaya gravitasi matahari memiliki peran besar dalam menjaga planet-planet yang mengelilinginya untuk tetap berotasi dan berevolusi pada porosnya. Tanpa gaya gravitasi ini, planet-planet yang ada, termasuk bumi, tidak akan memiliki orbit tetap sehingga sistem tata surya tidak akan pernah terbentuk.

  • Cahaya matahari berperan besar dalam produksi vitamin D di dalam tubuh manusia. Pancaran sinar ultraviolet dengan kadar yang cukup (biasanya yang dapat kita nikmati di pagi hari) merupakan faktor utama dalam produksi vitamin D tersebut. Oleh karena itu, kegiatan berjemur di pagi hari telah dilakukan oleh manusia sejak zaman dulu sebagai kebiasaan yang baik dan sehat.


Nah, gimana menurut kalian? Sudah cukup kah alasan-alasan tadi untuk menempatkan matahari dalam posisi energi yang memiliki peranan paling penting bagi manusia? Tapi masih banyak loh manfaat matahari yang lain, ulasan diatas hanya sebagian kecil manfaat matahari. Silahkan googling lagi untuk manfaat matahari lainnya ya.

Source:

No comments:

Post a Comment