Wednesday, March 19, 2014

Platypus (Ornithorhynchus anatinus), Hewan Unik Khas Australia



Pernah dengar tentang hewan Platypus? Hewan unik ini merupakan hewan khas benua Australia yang banyak di temui di bagian timur benua tersebut.

Mengapa hewan ini dianggap unik? Salah satu keunikannya adalah bahwa Platypus merupakan hewan mamalia yang bertelur (umumnya mamalia melahirkan). Temperatur tubuh platipus kira-kira 32oC. Temperatur ini lebih rendah dari kebanyakan Mammalia (sekitar 38oC). Selain itu bentuk Platypus juga sangat unik dengan fisik yang menyerupai gabungan dari berang-berang dan bebek. Badan Platypus diselimuti oleh bulu cokelat dan buntut seperti berang-berang, sedangkan paruh dan 4 kakinya yang berselaput menyerupai bebek. Berat platipus berkisar antara di bawah 1 kg sampai dengan lebih dari 2 kg. Panjang tubuhnya sekitar 30-40 cm dan panjang ekornya sekitar 10-15 cm (jantan) dan 8-13 cm (betina). Platypus jantan lebih besar hingga 3x betinanya.

Platypus merupakan hewan semi-akuatik (hidup di air dan di darat) yang pandai menyelam dan membuat sarang di sungai seperti halnya berang-berang. Namun, saat  berada di darat Platypus akan berjalan lebih lambat dan sulit. Hewan ini lebih aktif di malam hari. Platypus dapat menyelam selama sekitar 2 menit dan setelah itu harus mencari oksigen ke permukaan. Saat menyelam mata dan telinga Platypus akan tertutup rapat dan mereka hanya menggunakan paruh sebagai sensor. Cacing, larva serangga, dan binatang kecil adalah makanan bagi Platypus.

Hewan ini memang terlihat tenang dan tidak berbahaya, namun Platypus jantan mempunyai senjata rahasia yang berbisa pada bagian kakinya. Racun seekor Platypus dapat membunuh setidaknya seekor anjing. Biasanya racun ini digunakan untuk melawan musuh atau saat bertarung antar pejantan dalam memperebutkan betina pada musim kawin.


Umumnya, Platypus betina baru dapat bertelur saat mencapai usia 4 tahun. Masa kehamilan sang betina sekitar 21 hari dan setelahnya ia akan mengeluarkan sekitar 2-3 buah telur yang kemudian dierami (periode inkubasi)  selama kurang lebih 10 hari. Bayi-bayi Platypus siap keluar dari sarang setelah 3-4 bulan dari masa penetasan. Platypus dapat hidup hingga 20 tahun.

Baby Platypus (Often Called as Platypup)

Platypup

A Female Platypus seal themselves inside one of the burrow's chambers to lay their eggs
  
Twin Platypus

Underwater Platypus

Platypus

Sharp hollow spur on male platypus's hind ankles which is venomous

No comments:

Post a Comment