Friday, November 15, 2013

Rangkuman: Manusia dan Cinta Kasih

Pengertian Cinta Kasih

Cinta: perasaan (rasa) suka terhadap makhluk hidup (manusia). Kasih: perasaan kasih atau belas kasih terhadap makhluk hidup (manusia).
Cinta Kasih: suatu perasaan manusia yang berdasar pada ketertarikan antar makhluk hidup (manusia) dengan didasari pula rasa belas kasih.

3 unsur cinta (Dr. Sarwito W. Sarwono):

  1. Ketertarikan: perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas hanya untuk dia.
  2. Keintiman: adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku untuk menunjukkan bahwa seseorang itu dengan seseorang lainnya sudah tidak ada jarak lagi.
  3. Kemesraan: rasa ingin mengenal lebih dekat dengan seseorang yang dekat dengan kita, ditunjukkan dengan perilaku saling bersentuhan maupun dengan ucapan atau kata-kata yang lebih mendalam.

Cinta Menurut Ajaran Agama Islam

  1. Cinta Rahmah: cinta penuh kasih sayang, lembut, rela berkorban dan siap melindungi.
  2. Cinta Mawaddah: cinta yang menggebu-gebu atau membara.
  3. Cinta Mail: cinta yang hanya bersifat sementara.
  4. Cinta Shobwah: cinta yang mendorong perilaku menyimpang tanpa sanggup mengelak (Cinta Buta).
  5. Cinta Kulfah: cinta yang disertai kesadaran mendidik kepada hal-hal yang positif.

Cinta Menurut Ajaran Agama Kristen (Katholik & Protestan)

  1. Cinta adalah pencipta keindahan terhebat (Tim 2:9-10)
  2. Cinta adalah suatu wujud keinginan; dalam niat dan tindakan (1 Yoh 3:18)
  3. Cinta harus menjadi dasar dari segala sesuatu (1 Kor 13:3)


Cinta Menurut Ajaran Agama Hindu


Cinta: pada kesenangan, kesetiaan, kepuasan terhadap suatu obyek.

Kasih: cinta yang tulus terhadap suatu obyek.
Ciptaan Tuhan berdasarkan eksistensi:

  1. Eka pramana: makhluk hidup yang hanya memiliki satu aspek kemampuan berupa bayu/tenaga/ hidup.
  2. Dwi pramana: makhluk hidup yang memiliki dua aspek kemampuan berupa bayu dan sabda/bicara.
  3. Tri pramana: makhluk hidup yang memiliki tiga aspek kemampuan berupa bayu, sabda dan ide/pikiran.

Cinta Menurut Ajaran Agama Budha


Dalam Bahasa Pali ditemukan beberapa istilah cinta, seperti piya, pema, rati, kama, tanha (jawa trenso), ruci, dan sneha yang memiliki arti: rasa sayang, kesenangan, cinta kasih sayang, kesukaan, nafsu indera (birahi), kemelekatan, dsb, yang terjalin antara dua insan berbeda jenis atau cinta dalam lingkup keluarga.

Kasih Sayang

merupakan perasaan cinta untuk saling menghormati, mengasihi, menyayangi semua makhluk ciptaan Tuhan. Rasa cinta harus didasari oleh rasa kasih sayang agar cinta tersebut menjadi tulus.

Kemesraan

Kemesraan pada dasarnya merupakan kasih yang telah mendalam antar lawan jenis sebagai perwujudan cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreatifitas manusia dalam menciptakan bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakat. Dapat dituangkan dalam berbagai macam seni misalnya seni tari, seni musik, dsb.

Pemujaan

merupakan perwujudan cinta manusia terhadap Tuhan. Kecintaan manusia terhadap Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupaan manusia. Hal ini dikarenakan pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupaan yang sebenarnya. Banyak bentuk pemujaan yang dituangkan dalam seni seperti arca-arca yang menggambarkan dewa-dewi, bentuk masjid dan kubah nya yang beragam, Tari Sanghyang Dedari dan Tari Sangyang Jaran di Bali yang tidak boleh ditonton dan dilakukan oleh sembarang orang, serta lagu rohani,dsb.


Belas Kasihan

merupakan emosi manusia yang muncul akibat melihat penderitaan orang lain. Rasa belas kasihan membuat orang-orang merasa iba sehingga ingin menolong atau memberikan sesuatu yang bisa membahagiakan atau meringankan beban orang-orang yang mengalami kesulitan atau musibah.

Cinta Kasih Erotis

Cinta kasih erotis seringkali dicampur baurkan dengan pengalaman yang eksplosif berupa jatuh cinta. Mulai dari pengalaman intimitas, kemesraan yang tiba-tiba atau sementara saja. Cinta kasih erotis adalah rasa cinta yang dipenuhi oleh nafsu dan rasa ingin lebih memiliki lebih.


No comments:

Post a Comment